Sekretariat

Sekretaris

  1. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris.
  2. Sekretaris mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok Kepala Dinas dalam memimpin, membina, mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas-tugas lingkup pengelolaan dan pelayanan kesekretariatan dan pengkoordinasian tugas-tugas bidang.
  3. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretaris mempunyai fungsi :
    • pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan dan rencana kerja dinas;
    • pelaksanaan pengkoordinasian pengelolaan dan pelayananan administrasi kesekretariatan dinas yang meliputi administrasi umum dan kepegawaian, program dan keuangan;
    • pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang;
    • pelaksanaan pengkoordinasian penyusunan laporan kegiatan dinas;
    • pembinaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan kesekretariatan; dan
    • pelaksanaan tugas lain dari pimpinan sesuai tugas pokok dan fungsinya.
  4. Uraian tugas Sekretaris adalah sebagai berikut :
    • merencanakan program dan rencana kerja kesekretariatan berdasarkan kebijakan operasional dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • mengkoordinasikan penyusunan program, rencana kerja, dan pelaporan penyelenggaraan tugas-tugas bidang;
    • mengkaji rumusan kebijakan administrative kesekretariatan dinas;
    • menyelenggarakan pengkoordinasian penyusunan bahan rumusan kebijakan teknis operasional di biddang pendidikan;
    •  menyelenggarakan pembinaan dan pengkoordinasian pengelolaan umum dan kepegawaian;
    •  menyelenggarakan pembinaan dan pengkoordinasian pengelolaan keuangan;
    •  menyelenggarakan pengkoordinasian pengelolaan pendokumentasian peraturan perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, protokol dan hubungan masyarakat;
    •  menyelenggarakan penyusunan bahan perumusan dan penetapan Rencana Strategis (Renstra), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (IPPD) Dinas;
    •  menyelenggarakan pembinaan jabatan Fungsional;
    •  mengkaji telaahan staf sebagai bahan perumusan kebijakan kesekretariatan;
    •  melakukan hubungan kerja fungsional dengan SKPD, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat;
    •  melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas kesekretariatan sebagai bahan pertanggung jawaban kepada pimpinan; dan
    •  melaksanakan tugas lain dari pimpinan sesuai tugas pokok dan fungsinya.
  5. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Sekretaris membawahkan :
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
    • Sub Bagian Keuangan dan Program;

Subbagian Umum dan Kepegawaian

  1. Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian.
  2. Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok Sekretaris lingkup pelayanan administrasi umum dan administrasi kepegawaian.
  3. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :
    • penyusunan rencana dan program lingkup administrasi umum dan kepegawaian;
    • pengelolaan administrasi umum yang meliputi pengelolaan naskah dinas, penataan kearsipan dinas. Penyelenggaraan kerumahtanggaan dinas, dan pengelolaan perlengkapan;
    • pelaksanaan administrasi kepegawaian yang meliputi kegiatan, penyiapan dan penyimpanan data kepegawaian, menyiapan bahan usulan mutasi, cuti, disiplin, pengembangan pegawai dan kesejahteraan pegawai; dan
    • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup administrasi umum dan kepegawaian
  4. Uraian tugas Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian adalah sebagai berikut :
    • menyusun rencana pelaksanaan kegiatan di bidang umum dan kepegawaian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan administrasi umum dan administrasi kepegawaian;
    • melaksanakan pengelolaan dan penyiapan bahan pembinaan dokumentasi dan kearsipan si lingkungan dinas;
    • melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat, naskah dinas dan pengelolaan dokumentasi serta kearsipan;
    • menyiapan bahan dan pemeriksaan penulisan tata naskah dinas;
    • melaksanakan pelayanan keprotokolan dan rapat-rapat dinas;
    • melaksanakan pengurusan kerumahtanggaan, keamanan, ketertiban dan kebersihan kantor;
    • melaksanakan pemeliharaan dan perawatan lingkungan kantor, gedung kantor, kendaraan dinas dan asset lainnya;
    • menyusun administrasi dan penyiapan rencana kebutuhan sarana dan prasarana perlengkapan dinas;
    • melaksanakan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, inventarisasi dan pencatatan perlengkapan dinas;
    • melaksanakan pengelolaan perpustakaan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
    • melaksanakan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan dan pemeliharaan data serta dokumentasi kepegawaian;
    • menyusun dan penyiapan rencana kebutuhan formasi dan mutasi pegawai;
    • menyusun dan penyiapan bahan administrasi kepegawaian yang meliputi kenaikan pangkat, gaji berkala, pensiun, kartu pegawai, karis/karsu, taspen, askes, hukuman disiplin dan pemberian penghargaan serta peningkatan kesejahterraan pegawai;
    • menyusun dan menyiapkan pegawai untuk mengikuti pendidikan /pelatihan struktural, teknis dan fungsional serta ujian dinas;
    • melaksanaan fasilitasi pembinaan umum kepegawaian dan pengembangan kerier serta disiplin pegawai;
    • menyusun dan menyiapkan pengurusan administrasi pensiun dan cuti pegawai;
    • melaksanakan pengkoordinasian penyusunan administrasi Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3) dan Daftar Urut Kepangkatan (DUK);
    • membuat telaahan staf sebagai bahan kebijakan di bidang administrasi umum dan kepegawaian;
    • melakukan hubungan kerja fungsional dengan SKPD, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat;
    • melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
    • melaksanakan tugas lain dari pimpinan sesuai dengan bidang tugas pokok dan fungsinya.

Subbagian Keuangan dan Program

  1. Subbagian Keuangan dan Program dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian.
  2. Kepala Subbagian Keuangan dan Program mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok Sekretaris lingkup keuangan dan program.
  3. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Subbagian Keuangan dan Program mempunyai fungsi :
    • pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan rencana keuangan dan program kegiatan Dinas;
    • pelaksanaan penyusunan program dan rencana kerja Dinas;
    • pelaksanaan penyusunan bahan pedoman teknis operasional pelaksanaan urusan dan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika;
    • pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan urusan pemerintahan, program dan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika;
    • pengkoordinasian penyiapan bahan dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas, program dan kegiatan dinas
    • pengkoordinasian penyiapan bahan dan penyusunan pelaporan pelaksanaan urusan pemerintahan dan dan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika; dan
    • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup kegiatan sub bagian keuangan dan program.
  4. Uraian tugas Kepala Subbagian Keuangan dan Program adalah sebagai berikut :
    • menyusun program dan rencana kerja di bidang keuangan dan program sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • melaksanakan penyimpanan pengelolaan data dan sistem informasi bidang komunikasi dan informatika;
    • melaksanakan fasilitasi penyiapan bahan dan pengkoordinasian penyusunan keuangan dan program serta rencana kegiatan dinas;
    • melaksakan fasilitasi, pengkoordinasian dan penyusunan rencana strategis Dinas;
    • menyusun dan menyiapkan bahan koordinasi dan konsultasi pelaksanaan penyusunan keuangan dan program;
    • melaksanakan fasilitasi pengkoordinasian dan penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (IPPD) Dinas;
    • melaksanakan fasilitasi dan penyiapan bahan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang komunikasi dan informatika;
    • memeriksa/mengoreksi data untuk bahan penyusunan rancangan anggaran pelaksanaan program dam kegiatan dinas;
    • membuat telaahan staf sebagai bahan kajian kebijakan di bidang administrasi keuangan dan program;
    • melakukan hubungan kerja fungsional dengan SKPD, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat;
    • melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan keuangan dan program serta kegiatan dinas;
    • melaksanakan fasilitasi, pengkoordinasian dan penyusunan laporan pelaksanaan keuangan dan program, kegiatan, kebijakan dan urusan pemerintah di bidang komunikasi dan informatika;
    • melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
    • melaksanakan tugas lain dari pimpinan sesuai dengan bidang tugas pokok dan fungsinya.